No Sweets

Tips Memilih Menu Diet Sehat

Masih bingung memilih menu diet sehat untuk bulan ini? Jika iya, maka anda bisa terus membaca artikel ini sampai habis karena kami akan berikan beberapa tips untuk Anda dalam memilih menu untuk diet sehat yang akan membantu diet sehat yang akan Anda jalani. Dengan begitu Anda tidak perlu pusing lagi untuk menentukan apa saja yang harus Anda beli untuk diet sehat Anda.

 

Berikut beberapa tips memilih menu diet sehat untuk Anda santap sehari-hari:

Jangan Terlalu Manis

Jangan Terlalu Manis

Kebanyakan orang lebih menyukai rasa manis disbanding rasa lainnya. Ini yang membuat makanan manis begitu laris dan diburu orang. Tapi jika Anda sedang berdiet sebaiknya lupakan makanan yang manis. Apalagi jika makanan tersebut terlalu manis. Selain mengandung banyak kalori makanan yang terlalu manis juga membuat masalah pada gigi.

 

Harus Rendah Kalori

Jangan remehkan permen atau cokelat berukuran kecil karena di dalamnya ternyata mengandung 24 hingga 535 kalori. Lupakan permen sebagai pengisi waktu santai Anda. Apalagi jika Anda jadikan camilan sambil bekerja. Jika ingin mengkonsumsi permen untuk penyegar mulut atau pelega tenggorokan pilih yang bebas gula.

 

Tidak Mengandung Pengawet

Pengawet selain memiliki efek jangka pendek juga mempunyai efek jangka panjang. Mulai dari gangguan pernafasan, diare, iritasi kulit, mual, muntah, sakit kepala, infeksi saluran nafas, dll. Untuk efek jangka panjang pengawet sangat mungkin membuat Anda mengalami kerusakan pada organ jantung atau ginjal. Pun dengan timbulnya penyakit leukemia, diabetes, kangker, hingga perubahan perilaku.

 

Tidak Mengandung Lemak

Jika Anda memiliki masalah dengan bobot tubuh Anda dan berdiet untuk mengurangi berat badan maka tentunya harus menjauhi makanan berlemak dari menu diet sehat Anda. Walaupun lemak diperlukan oleh tubuh namun dapat ditutupi dari konsumsi karbohidrat. Oleh karena itu hindari juga konsumsi karbohidrat berlebih dalam menu diet Anda karena berpotensi menjadi penyumbang lemak di tubuh.

 

Pilih yang Alami

Untuk pilihan menu diet Anda sebaiknya gunakan bahan-bahan yang alami. Alasannya tentu karena yang alami lebih segar, bebas pengawet dan tidak mengandung efek samping. Dengan begitu Anda bisa menjalani diet sehat Anda dengan tenang. Selain tujuan diet tercapai Anda juga bisa lebih sehat dengan selalu memilih bahan-bahan alami dalam menu makan Anda sehari-hari.

Tips Memilih Menu Diet Sehat

 

Pilih Sayuran dan Buah Berwarna

Sayuran dan buah berwarna smengandung banyak serat yang sangat diperlukan ketika diet. Seratnya yang tinggi dapat membuat rasa kenyang lebih lama bersemayam di perut Anda hingga mengurangi keinginan untuk makan atau ngemil. Selain itu sayur dan buah berwarna juga mengandung vitamin dan zat besi dalam jumlah yang banyak. Kedua zat ini penting bagi tubuh dan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda.

 

Minum Air Putih Lebih Banyak

Jika Anda sedang ber-diet air putih harus selalu ada dalam menu diet sehat Anda. Minumlah air putih jauh lebih banyak dari biasanya. Selain dapat membuat perut terasa kenyang, air putih juga diperlukan untuk memperlancar metabolisme tubuh. Dengan lancarnya metabolisme dalam tubuh Anda maka Anda akan terhindar dari masalah pencernaan akibat diet dan juga penumpukan lemak di tubuh Anda terutama bagian perut.

 

Pilih Daging Tanpa Lemak

Orang yang sedang berdiet juga membutuhkan protein. Bahkan beberapa jenis diet menjadikan protein ini sebagai makanan utama pengganti karbohidrat. Anda bisa pilih daging tanpa lemak untuk mencukupi kebutuhan protein dan juga membantu berjalannya diet yang Anda lakukan. Asupan protein juga dapat membuat Anda kenyang dengan tanpa menyumbang lemak di tubuh Anda.

 

Pilih Putih Telur

Putih telur adalah salah satu sumber protein yang kaya omega 3. sayangnya kuning telurnya justru mengandung lemak dan kolesterol yang cukup banyak. Itulah sebabnya jika Anda mengkonsumsi telur sebaiknya sisihkan kuning telurnya dan konsumsi hanya putih telurnya saja. Dengan begitu Anda tetap dapat menikmati manfaat dari putih telur dalam diet sehat yang sedang Anda lakukan.

Itulah beberapa tips dari kami untuk membantu Anda dalam memilih dan menentukan menu diet sehat versi Anda. Karena walau bagaimanapun diet yang sehat sudah seharusnya menjadikan Anda lebih sehat bukan sebaliknya. Selamat menjalankan diet sehat!***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *