Menu Makanan Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

Menu Makanan Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

Menu makanan diet untuk Ibu menyusui termasuk menu makanan yang diburu para busui, mungkin Anda salah satunya. Bagaimana tidak, kehamilan membuat bobot tubuh hampir sebagian wanita mengalami kenaikan yang luar biasa. Sementara itu kegemukan termasuk musuh dari sebagian besar wanita. Itulah sebabnya menjadi masalah yang kerap kali timbul setelah melahirkan. Menjadi sulit ketika diet itu justru akan berdampak pada bayi yang disusui.

Itulah sebabnya ketika Ibu menyusui memutuskan untuk diet maka yang dilakukanpun tidak sebebas mereka yang sedang tidak menyusui. Kali ini kami akan sedikit berbagi dengan Anda mengenai menu makanan diet yang cocok untuk mengembalikan berat badan setelah melahirkan. Menu yang tidak mengganggu pemberian ASI eksklusif yang nutrisinya juga berpengaruh pada persediaan air susu pun dengan kualitas air susu, yang masih menjadi makanan pokok para bayi. Inilah beberapa menu diet yang bisa Anda konsumsi:

Menu Makanan Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

 

Beras Merah

Beras Merah

Selain berserat tinggi beras merah juga memiliki kandungan gula rendah sehingga cocok untuk pengganti aneka karbohidrat yang biasanya Anda konsumsi. Masalah rasa tentunya tergantung selera, namun perlahan kebiasaan Anda mengkonsumsi beras merah sebagai karbohidrat akan membuat makanan ini semakin terasa lezat di lidah. Makanlah sesering mungkin dengan porsi kecil agar terhindar dari rasa lapar dan Anda mempunyai bahan baku yang cukup untuk ASI si kecil.

 

Air Putih

Air Putih

Air putih selain sebagai bahan baku ASI juga dapat menjadi penahan lapar. Dengan begitu Anda lupa akan berbagai camilan dengan lemak dan gula tinggi yang justru akan membuat bobot tubuh semakin bertambah. Minum air putih sebelum makan bisa membuat lebih cepat kenyang karena air yang sudah terlebih dahulu masuk ke dalam pencernaan Anda.

 

Jeruk

Jeruk

Jeruk termasuk salah satu jenis buah yang dapat menambah energi seorang ibu menyusui. Jeruk membuat Anda tidak lemas atau mudah lelah karena diet yang sedang dilakukan atau karena aktivitas mengurusi bayi Anda. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk juga dapat meningkatkan kualitas ASI. Selain itu juga mampu meningkatkan ketahanan tubuh dari berbagai penyakit pasca melahirkan.

 

Menu Makanan Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

Bayam

Untuk makanan di sela makanan utama Anda bisa jadikan bayam sebagai camilan. Kandungan Alpha lipolic, glutathione serta serat yang tinggi dapat membantu mengenyangkan perut tanpa menambah lemak atau kalori di tubuh. Selain itu bayam juga dapat membantu memperlancar dan meningkatkan kualitas ASI untuk bayi.

 

Telur

Telur

Telur termasuk salah satu sumber protein yang paling mudah didapatkan. Pilih yang mengandung omega 3 tinggi untuk hasil diet yang maksimal. Selain menambah asupan protein untuk Anda dan bayi juga bisa membantu diri sendiri mengurangi bobot tubuh pasca melahirkan.

 

Daging Sapi rendah lemak

Daging Sapi Rendah Lemak

Terderloin termasuk salah satu pilihan yang pas ketika Anda ingin menyantap steik dalam menu makanan diet. Daging sapi dengan lemak yang rendah untuk mencukupi kebutuhan protein Anda dan bayi. Anda juga bisa mengolahnya ke dalam berbagai variasi masakan mulai dari sop, tongseng, sate, dll sesuai dengan selera.

 

Ikan Lele

Kandungan Asam Amino pada ikan lele sangat bermanfaat untuk bayi Anda. Selain rasanya yang gurih, ikan jenis ini termasuk ikan yang mudah di dapat dengan harga yang relative murah dibanding ikan lain yang mengandung Asam Amino tinggi. Dengan begitu ikan lele bisa menjadi salah satu asupan protein yang cukup baik untuk menjalani diet.

Itulah beberapa menu makanan diet sehat untuk para Ibu menyusui. Menu-menu ini tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi bobot tubuh pasca melahirkan tapi juga aman untuk bayi Anda. Tidak sekadar aman melainkan juga bermanfaat untuk kualitas ASI. Hasilnya tidak hanya berat badan Anda yang berkurang tapi juga tumbuh kembang bayi Anda yang cukup baik di awal kehidupannya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *