Mengenal South Beach Diet

Dr.Arthur Agatson adalah orang yang mempolulerkan South Beach Diet ini. Nama ini diambil dari daerah asal Agatson yaitu Miami Beach di Florida. Sebuah kawasan yang penuh kenikmatan. Mulai dari pemandangan alam yang indah, fashion yang up to date, makanan enak, bahkan wanita-wanita cantik. Seperti itulah bayangan diet ini. Sebuah diet yang nikmat karena Anda dapat tetap menyantap makanan-makanan lezat tanpa rasa lapar.

Tapi jangan senang dulu. Ada beberapa hal yang harus Anda terapkan untuk keberhasilan diet dari dokter ahli jantung ini. Terutama konsistensi Anda untuk mengucapkan selamat tinggal pada makanan berkadar gula tinggi. Mulai dari nasi, kentang, roti, pasta, mie, atau makanan sejenis lain yang memiliki bahan dasar tepung. Apalagi permen atau minuman bersoda yang mengandung banyak gula.

South Beach Diet

 

Menyembuhkan

South Beach diet ini awalnya dibuat Agatson untuk pasien-pasien penyakit jantungnya. Namun nyatanya diet ini tidak hanya menyembuhkan penyakit jantung tapi juga menurunkan berat badan hingga 6,5Kg dalam 3 tahapan dietnya. Kabar baiknya selain penyakit jantung penyakit lain yang juga tersembuhkan dengan diet ini juga cukup banyak. Sebut saja diabetes, kolesterol, kangker, darah tinggi, dsb.

Mengenal South Beach Diet

3 Tahapan South Beach Diet

Ada 3 tahapan yang harus dijalankan dalam diet ini. Bagian paling berat tentu tahap 1 yang berlangsung selama 2 minggu. Tujuan utama tahap 1 yaitu untuk menahan diri Anda dari berbagai jenis makanan yang mengandung gula. Harapannya agar Anda akan terbiasa menghindari makanan-makanan tersebut. Tidak hanya pada saat diet tapi juga sepanjang hidup Anda jika memungkinkan.

Jika sudah berhasil melewati tahap 1 maka Anda bisa berlega hati karena Anda akan memasuki tahap 2. Tahap berikutnya dimana Anda sudah diperbolehkan mengkonsumsi makanan mengandung gula walaupun dalam jumlah wajar untuk seseorang yang sedang ber-diet. Pun dengan makanan mengandung gula lainnya seperti cokelat dengan pilihan dark chocolate tanpa caramel atau kacang. Lamanya tahapan ini tergantung pencapaian Anda pada berat badan yang Anda inginkan. Selama Anda merasa belum mencapainya maka waktunya bisa lebih panjang.

Setelah melewati tahap 2 dengan penurunan berat badan 0,5-1kg dalam setiap minggunya Anda bisa masuk tahap 3. Tahapan terakhir yang paling bebas dari diet ini. Saat ini Anda bebas makan apapun namun tetap konsisten dan menyadari bahwa makanan dengan kandungan gula tinggi adalah musuh Anda. Namun sesekali memakannya tidak masalah asalkan dalam jumlah yang tetap terkendali. Ketika Anda merasa berat Anda sudah mulai bertambah kembali atau tidak sesuai harapan maka kapanpun Anda bisa mengulang kembali diet ini dari tahap 1 selama 2 minggu yang dapat langsung dilajutkan ke tahap 3.

 

Persentase Keberhasilan

Menurut penciptanya, Diet ini memungkinkan Anda menurunkan berat badan mulai dari 4 hingga 6,5 Kg dalam 2 minggu pertama. Barulah pada tahap selanjutnya hanya berkurang 1 kg tiap minggunya hingga mencapai berat ideal yang diinginkan. Semuanya bisa Anda capai tentunya dengan sedikit ketekunan hingga selain berat badan berkurang, juga terbebas dari resiko serangan jantung, serta memiliki lingkar pinggang yang ideal. Hebatnya lagi diet ini membuat keinginan Anda untuk mengunyah aneka makanan manis yang kaya karbo akan menghilang dengan sendirinya. Jadi sebetulnya pada tahap selanjutnyapun tidak sukar untuk say no to: makanan manis.

Keberhasilan diet ini poinnya adalah dengan berdiet rendah kalori, bukan semata-mata rendah karbohidrat. Dengan diet ini Anda bisa mengkonsumsi daging tanpa lemak, sayuran, dan beragam olahan susu. Sertakan olah raga untuk meningkatkan kekuatan otot, penurunan berat badan, dan mengurangi resiko terkena berbagai penyakit kronis. Keberhasilan melewati tahap 1 adalah langkah awal keberhasilan diet ini. Maka bersungguh-sungguhlah dengan menu diet tahap 1. Sudah siap dengan South Beach Diet? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *