Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Diet Sehat untuk Mengurangi Berat Badan

Diet Sehat

Diet sehat menjadi satu hal penting yang wajib diketahui oleh semua orang. Terutama bagi yang bermasalah dengan berat badan. Namun tahukah Anda, sesungguhnya ada beberapa tips yang wajib jadikan ceklis untuk mengetahui apakah diet yang dilakukan termasuk diet yang sehat atau tidak. Walau bagaimanapun Diet cepat selalu dengan resiko tinggi.

Berbagai macam resiko dapat terjadi. Mulai dari terganggunya kesehatan organ-organ vital Anda hingga gangguan secara psikologi. Untuk itu sebelum memastikan untuk memilih diet yang akan Anda jalankan sebaiknya cek terlebih dahulu keseluruhan informasi program. Sudah memenuhi kriteria diet yang sehat atau belum. Inilah beberapa kriteria diet sehat yang dapat Anda pilih:

Diet Sehat Memiliki Target Mingguan

Diet Sehat Memiliki Target Mingguan

Pernahkan Anda menjadi semakin frustasi ketika melihat timbangan setiap hari tidak mengalami penurunan. Sebetulnya, tidak perlu khawatir akan kondisi seperti ini. Karena jika berat badan turun setiap hari, maka diet yang Anda lakukan sudah pasti tidak sehat. Karena diet yang sehat tidak akan membuat berat badan berkurang setiap harinya melainkan memiliki target yang lebih panjang. Turun perlahan setidaknya dalam waktu satu minggu.

Dengan begitu yang dibutuhkan hanyalah konsisten melakukan diet yang Anda pilih. Jangan lupa buat target yang masuk akal karena penurunan berat badan yang drastis sesungguhnya adalah perubahan pola makan yang juga drastis. Efeknya tentu saja mudah naik juga pun dengan terganggunya kesehatan Anda.

 

Bergerak Aktif

Bergerak Aktif

Orang yang aktif cenderung tidak menyadari penurunan berat badan yang ia alami. Kuncinya berkeringat itu tidak harus selalu melakukan olahraga berat atau memforsir tubuh. Anda bisa coba menjadwalkan hobi yang bisa membuat berkeringat. Mulai dari hobi membersihkan rumah, berkebun atau bahkan olah raga bersama teman-teman.

Jika kesulitan untuk mendapatkan waktu yang tepat untuk melakukan hobi Anda tersebut sementara target mingguan masih menunggu, maka biasakan berolah raga rutin setiap hari. Setidaknya berikan waktu untuk berolah raga antara 2 hingga 3 jam dalam seminggu. Tidak terlalu berat bukan?

Dengan cara ini selain berat badan bisa berkurang, dengan tercapainya target diet mingguan hatipun senang. Diet yang dilakukan tidak membuatĀ  stress melainkan membuat hari-hari menjadi lebih menyenangkan lagi. Ada banyak aktivitas berkeringat yang dilakukan yang bukan sekadar menurunkan berat badan Anda tapi juga membuat hubungan Anda dengan orang-orang sekitar menjadi lebih hangat dan menyenangkan.

Junk food

Mengurangi Makan Makanan Instan dan Junk Food

Banyak mengandung garam, kalori, dan bahan pengawet adalah kriteria yang hampir selalu ada pada banyak makanan instant. Hasilnya diet yang Anda lakukan bukannya mengurangi bobot tubuh, malah sebaliknya. Anda justru bersahabat dengan makanan-makanan yang menggemukan dengan cepat. Untuk mengatasinya bisa mulai kebiasaan membawa bekal dari rumah.

Bawa makanan-makanan sehat yang Anda buat dan bawa dari rumah. Pastikan tidak mengandung banyak garam dan kalori yang tinggi. Pun tanpa bahan pengawet yang justru akan merusak kesehatan. Jika kesulitan membuat sendiri, kini telah banyak jasa catering makanan sehat atau bahkan makanan untuk diet yang bisa Anda pesan. Tentunya dengan menu yang menunjang diet sehat atau bahkan memang sudah diatur sedemikian rupa setiap harinya dalam program diet Anda.

Akhirnya Anda bisa menata isi piring Anda dengan lebih baik. Mengisi sepertiganya dengan daging merah atau putih tanpa lemak. Perbanyak porsi konsumsi buah, sayur, dan kacang-kacangan yang mengandung gula rendah. Sementara untuk karbohidrat, bisa pilih yang mengandung lebih sedikit gula seperti beras merah atau kentang. Mulai dari sekarang diet sehat ini dan lakukan secara konsisten. Hasilnya dapat Anda nikmati sendiri. Selamat mencoba.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *